Wednesday, November 16, 2016

Hamil : Aku merasakan MULAS saat Kehamilan



Aku merasakan MULAS  saat Kehamilan .



Apakah mulas?

Ini sangat mungkin. Banyak wanita mengalami sakit maag untuk pertama kalinya selama kehamilan. Ini umum dan tidak berbahaya, tetapi bisa menyakitkan.

Heartburn adalah sensasi terbakar yang sering memanjang dari tenggorokan yang lebih rendah Anda ke bagian bawah tulang dada Anda. Hal ini terjadi ketika asam dari perut Anda dibawa ke dalam kerongkongan Anda (kerongkongan). asam dapat datang ke dalam tenggorokan atau mulut, meninggalkan rasa asam dan pahit.

Ini diduga disebabkan oleh perubahan hormon dan fisik dalam tubuh Anda (CKS 2008, NCCWCH 2008: 108).

Peningkatan hormon progesteron saat Anda sedang hamil melemaskan otot-otot halus rahim (rahim). Para ahli percaya hormon ini juga melemaskan katup yang memisahkan kerongkongan Anda dari perut Anda. Hal ini memungkinkan asam lambung untuk meresap kembali kerongkongan Anda, menyebabkan sensasi terbakar.

Progesteron juga memperlambat kontraksi seperti gelombang perut Anda, membuat pencernaan Anda lamban.

Pada kehamilan lanjut, bayi Anda tumbuh mendorong usus dan perut ke atas. Hal ini memperlambat pencernaan dan pasukan asam naik dari perut Anda ke kerongkongan Anda (CKS 2008, NHS Choices 2010).
Bagaimana umum adalah rasa panas dan kapan akan berhenti?
Heartburn adalah sangat umum ketika Anda membawa bayi, terutama sebagai kehamilan berlanjut. Banyak ibu
merasakan  mulas dan gangguan pencernaan pada paruh kedua kehamilan, meskipun tidak pernah terdengar sebelum itu.

Sekitar sepertiga dari wanita hamil mengalami mulas pada awal trimester pertama, naik dua pertiga pada trimester ketiga (Rodriguez et al, 2001). Gejala akan hilang tanpa efek sakit setelah bayi Anda lahir.

Dapatkah saya melakukan apa
pun saat  mulas?

Kabar baiknya adalah bahwa ya, Anda bisa. Pemicu utama makan, berbaring dan membungkuk. Jika Anda
beraktifitas yang membuat mulas snds lebih buruk, Anda dapat mencoba untuk menghindari mereka.

Meskipun Anda mungkin tidak dapat menghilangkan rasa panas sekali, beberapa hal berikut dapat memberikan beberapa bantuan:

  • Pilih makanan dan minuman yang mudah dicerna. Itu berarti mengesampingkan , kayatinggi lemak atau hidangan pedas, cokelat, buah jeruk atau jus, alkohol dan kopi. 
  • Cairan Minum sebelum atau sesudah makan. 
  • Minuman susu dapat membantu untuk mengatasi mulas. Jika susu penuh lemak membuat mulas lebih buruk, beralih ke skim. 
  • Makan kecil, sering makan secara teratur. Akan mengurasngi  asam di perut Anda,  dan sebagai makanan menetralkan asam lambung. 
  • Jika Anda merokok, cobalah untuk berhenti. Merokok melemaskan katup antara perut dan kerongkongan, membuat refluks asam lebih mungkin terjadi. Merokok juga berbahaya bagi bayi Anda. 
  • Jauhkan tegak, terutama selama dan setelah makan. Duduk tegak dan mencoba untuk tidak membungkuk atau kemerosotan. Kenakan pakaian longgar di sekitar perut Anda dan mencoba untuk tidak berbaring selama setidaknya satu jam setelah makan. 
  • Jika mulas muncul  di malam hari, cobalah untuk tidak makan atau minum apa pun kecuali air selama tiga jam sebelum Anda pergi tidur. 
  • Tidur dalam posisi disangga ke atas . Gunakan beberapa bantal, atau menaikkan kepala tempat tidur Anda dengan beberapa bantal atau digulung handuk. Gravitasi akan membantu menjaga asam lambung Anda di mana itu akan  membantu pencernaan Anda. 
  • Periksa bahwa obat-obatan yang Anda gunakan  untuk kondisi lainnya tidak membuat mulas lebih buruk. penyebab umum adalah antidepresan dan non-steroid anti-inflamasi (CKS 2008, NCCWCH 2008, NHS Choices 2010).


Anda mungkin menemukan bahwa antasida
sebagai obat penangan  atau alginat memberikan bantuan dari mulas. Periksa dengan dokter, bidan atau apoteker pertama, meskipun begitu. Anda perlu memastikan pengobatan yang di pakai  aman untuk digunakan dalam kehamilan dan tepat untuk gejala Anda (CKS 2008).

Beberapa obat sakit maag dapat
mengurangi gangguan perut , sementara yang lain sebaiknya dihindari jika cenderung untuk memacu tekanan darah tinggi atau pra-eklampsia (CKS 2008).

Alginat bekerja dengan membentuk lapisan pelindung di atas dinding perut dan kerongkongan. Mereka cenderung lebih baik untuk refluks. Antasida, yang menetralisir asam lambung, mungkin lebih berguna untuk menjaga ketika Anda membutuhkan mereka (CKS 2008). Apapun direkomendasikan untuk Anda, penting bahwa Anda tidak melebihi dosis yang dianjurkan.

Ini membantu untuk
menggunakan  antasid pada waktu makan atau malam hari ketika gejala lebih buruk (CKS 2008).

Jika Anda juga mengambil tablet zat besi, Anda akan perlu mengambil antasid pada waktu yang berbeda. Hal ini karena antasida bisa mengganggu penyerapan zat besi jika diambil dalam waktu dua jam dari tablet (CKS 2008).

Jika tidak ada perubahan atau
ada  masalah, hubungi dokter Anda. Dia mungkin dapat menyarankan tindakan lain.

Bisakah  mulas saya menjadi sesuatu yang lain?

Mungkin, tapi itu tergantung di mana rasa sakit itu dan apakah Anda memiliki gejala lainnya.

    * Nyeri Heartburn
atau mulas  biasanya berjalan dari  belakang tulang dada Anda ke tenggorokan. Jika tidak , Anda merasakan  rasa sakit yang tajam yang terletak di bagian atas perut , di bawah tulang rusuk Anda, mungkin bisa menjadi tanda pre-eklampsia. Jika Anda sama sekali tidak yakin, hubungi bidan atau dokter.

  • Jika rasa sakit di bagian atas kanan perut Anda dan Anda merasakan  sakit, mungkin menunjukkan masalah hati berhubungan dengan kehamilan Anda. 
  • Ada kemungkinan bahwa Anda memiliki masalah pencernaan yang tidak terkait dengan kehamilan, seperti ulkus peptikum (CKS 2008).


Jika Anda menemukan kesulitan untuk makan, kehilangan berat badan atau khawatir tentang gejala lain, seperti yang tercantum di atas, pergilah ke dokter.

No comments:

Post a Comment