Wednesday, November 16, 2016

Hamil : Mulas dan gangguan pencernaan (sleep kehamilan) pada malam hari saat hamil



Mulas dan gangguan pencernaan (sleep kehamilan)




    * Mengapa saya mulai mendapatkan mulas pada malam hari?
    * Bagaimana saya bisa meringankan mulas di malam hari?

Mengapa saya sudah mulai mendapatkan mulas pada malam hari?
 
Jika tidur Anda sedang terganggu oleh sensasi terbakar tidak nyaman di bawah tulang dada Anda, Anda tidak sendirian. Mulas dan gangguan pencernaan yang umum selama kehamilan (NCCWCH 2008: 108). Ketidaknyamanan ini umumnya tidak berbahaya, tetapi
sangat  gangguan jika Anda mencoba untuk tidur (BAP 2010, NCCWCH 2008: 108).

Heartburn
atau sessasi terbakar atau mulas disebabkan oleh beberapa perubahan hormon dan fisik yang terjadi di tubuh Anda (NCCWCH 2008: 55, Murray dan Hassall 2009).

plasenta memproduksi hormon progesteron, yang merenggangkan otot-otot halus rahim (rahim).

Progesteron juga melemaskan jaringan lain dalam tubuh Anda, termasuk katup yang memisahkan kerongkongan Anda (kerongkongan) dari perut Anda. Karena katup tidak bekerja juga seperti biasa, asam yang memecah makanan di perut Anda dapat meresap kembali ke kerongkongan Anda.

Ini asam ini yang menyebabkan sensasi terbakar yang tidak menyenangkan, yang dapat Anda
rasakan  dari bagian bawah dada Anda ke tenggorokan bawah Anda  (NCCWCH 2008: 108, NHS 2010).

Progesteron juga memperlambat pencernaan makanan Anda. kerongkongan Anda dan nyali memeras makanan melalui sistem pencernaan tubuh Anda dengan gelombang-seperti kontraksi. Kontraksi ini melambat karena progesteron, membuat pencernaan kurang efisien.

Kemudian pada kehamilan, bayi Anda
melakukan gerakan di perut Anda, mendorong asam lambung kembali ke kerongkongan Anda (BAP 2010).

Mulas dan gangguan pencernaan mungkin akan datang dan pergi sampai bayi Anda lahir.

Bagaimana saya bisa meringankan mulas di malam hari?

Tidak ada cara tertentu untuk menghindari mulas atau gangguan pencernaan. Tapi Anda bisa mengambil langkah-langkah untuk
mengurangi gangguan di malam hari. Langkah pertama bisa mengurangi makanan yang dikenal untuk memicu masalah pencernaan. Ini termasuk:

  • Buah jeruk atau jus. Ini adalah asam, tetapi ada banyak buah-buahan lain yang dapat Anda coba. Mangga, melon, aprikot, persik dan pir semua kurang asam dari buah jeruk. 
  • Kaya, lemak atau hidangan pedas. 
  • Cokelat. 
  • Kopi. 
  • Alkohol.

      (NCCWCH 2008: 108, NHS 2010)

Berhentilah merokok . Merokok dapat membahayakan bayi Anda, dan itu tidak akan membuat pencernaan lebih  baik. Ketika Anda merokok, bahan kimia dapat mempengaruhi kerja otot yang memisahkan kerongkongan dari perut Anda untuk bersantai. Hal ini memungkinkan asam lambung bocor kembali ke dalam kerongkongan Anda lebih mudah (NHS 2010).

Berikut adalah tips yang lebih praktis untuk membantu Anda menghindari mulas dan gangguan pencernaan:

  • Jangan makan makanan besar, terutama larut malam. Berbaring dengan perut penuh dapat membuat Anda terjaga (CKS 2009) dan hanya akan membuat mulas lebih buruk. Sebaliknya, makan beberapa makanan kecil sepanjang hari. Luangkan waktu Anda makan dan mengunyah makanan secara menyeluruh (CKS 2008, NCCWCH 2008: 108, NHS 2010). 
  • Jangan makan dekat dengan waktu tidur. Beri jeda tiga jam untuk mencerna makanan sebelum Anda berbaring (CKS 2008, NHS 2010). 
  • Tidur bersandar di tempat tidur dengan beberapa bantal untuk mendukung Anda. posisi sedikit lebih tegak akan membantu menjaga asam lambung Anda tinggal di mana mereka berada (CKS 2008 NCCWCH 2008: 108, NHS 2010).



Jika
cara di atas tidak membantu , tanyakan kepada dokter atau bidan tentang obat antasida yang dapat meringankan  atau obat yang aman untuk digunakan selama kehamilan (NCCWCH 2008: 108, NHS 2010). Ambil dosis pada malam-waktu jika sakit maag yang mengganggu tidur Anda (NHS 2010).

No comments:

Post a Comment