Wednesday, November 16, 2016

Hamil : Apakah aman makanan di panggang bagi kehamilan



Apakah aman untuk makan makanan panggang selama kehamilan?




Anda boleh  mengkonsumsi  makanan panggang ketika Anda sedang hamil, disarankan untuk  berhati-hati saat  memasak daging dengan benar pun.

Jika Anda tidak memasak burger dan sosis secara benar dan matang pada panggangan, bakteri berbahaya bisa tumbuh pada daging. Jika Anda makan daging
kurang matang, Anda bisa keracunan makanan.

Jenis keracunan makanan
juga bisa timbul dari makan segar, daging kurang matang tidak akan membahayakan bayi Anda. Namun, hal itu dapat dapat menyebabkan diare dan muntah. Bila Anda sedang hamil Anda lebih rentan terhadap semua kuman yang menyebabkan keracunan makanan, karena sistem kekebalan tubuh Anda terfokus pada melindungi bayi yang belum lahir.

Anda juga bisa
terkena  toksoplasmosis dari makan daging babi mentah atau kurang matang atau domba. Toksoplasmosis adalah infeksi yang disebabkan oleh parasit yang dapat menyebabkan  penyakit seperti flu ringan. Toksoplasmosis adalah berbahaya untuk bayi Anda, dan dapat menyebabkan masalah mata dan kerusakan otak pada bayi. Dalam beberapa kasus, dapat menyebabkan keguguran dan bahkan dapat menyebabkan kematian  bayi saat lahir.

Memasak daging dengan benar pada panggangan dan mengikuti kebersihan yang baik akan membunuh kuman dan membuat makanan Anda aman untuk dimakan. Cukup ikuti langkah-langkah untuk memiliki
bahan , barbekyu yang sehat:

  • Simpan daging mentah dengan hati-hati di dalam lemari es sehingga air  tidak menetes ke makanan lain. Menjaga daging di lemari es dan tertutup sampai sebelum Anda memasaknya.
  • Ketika Anda menyiapkan makanan barbeque, menjaga daging mentah pisahkan  dari makanan yang tidak perlu memasak, seperti roti dan salad. 
  • Pastikan makanan beku benar dicairkan sebelum Anda memasaknya.
  • Gunakan peralatan yang terpisah untuk daging mentah dan dimasak.

  • Jangan pernah menaruh makanan yang dimasak di atas piring atau permukaan yang telah digunakan untuk daging mentah.
  • Tunggu sampai arang bersinar merah, dengan permukaan berwarna abu-abu tepung, sebelum mulai memasak. 
  • Pastikan bahwa ayam, babi, burger, sosis dan kebab dimasak sampai kondisi alat benar panas. Lakukan jugauntuk makanan lain jika Anda memanaskan makanan dengan cara  panggangan. Periksa bahwa tidak ada daging merah muda di tengah. Tongkat tusuk sate ke dalam bagian paling tebal dari daging untuk memastikan sudah benar-benar matang.
  • Anda bisa memasak daging dan produk daging dalam oven atau microwave di dalam ruangan. Kemudian tinggal melanjutkan dengan cara memanggang untuk memberi rasa khusus .
  • Jangan berasumsi bahwa jika daging hangus di luar berarti daging sudah dimasak dengan benar  pada sisi dalamnya . 
  • Putar makanan secara teratur dan bergerak di sekitar barbekyu untuk memasak secara merata. Namun, pisahkan daging mentah dari daging  dimasak dengan panggang . 
  • Jangan menggunakan bumbu atau saus dari makanan yang dimasak bakar jika sudah digunakan pada daging mentah.
  • Cuci tangan Anda dengan sabun dan air hangat setelah memegang daging mentah.

No comments:

Post a Comment