Wednesday, November 16, 2016

Hamil : Apakah aman makan ikan tuna selama kehamilan?



Apakah  aman  makan ikan tuna selama kehamilan?



Jawaban :

Ya, tapi yang terbaik untuk membatasi jumlah tuna Anda makan selama kehamilan. Anda harus melakukan hal ini ketika Anda sedang menyusui atau mencoba untuk bayi, juga.

Ini direkomendasikan bahwa setiap minggu Anda tidak makan lebih dari:

    * Empat kaleng berukuran sedang tuna (dengan bobot tuntas dari 140g per kaleng) atau
    * Dua tuna steak segar (berat sekitar 170g 140g mentah atau ketika dimasak)

Tuna mengandung merkuri, yang tidak akan merugikan Anda, tetapi dapat membahayakan
perkembangan sistem saraf bayi Anda. Hiu, ikan todak dan marlin mengandung kadar yang jauh lebih tinggi dari merkuri, sehingga Anda harus tidak makan ikan ini sama sekali saat Anda sedang hamil.

ikan berminyak seperti tuna baik untuk Anda. Tapi sebaiknya untuk makan tidak lebih dari dua porsi (sekitar 140g porsi) ikan berminyak seminggu. Kaleng tuna tidak dihitung sebagai ikan berminyak. ikan berminyak lainnya termasuk salmon, makarel, trout dan ikan haring.

Anda disarankan
mengkonsumsi maksimal  dua bagian karena minyak ikan dapat berisi polusi lingkungan, seperti dioxin dan polychlorinated biphenyls (PCB). Dioksin dan PCB dapat berada dalam tubuh Anda selama jangka waktu yang panjang. Ada beberapa bukti bahwa mereka dapat mengganggu perkembangan bayi Anda dalam uterus (rahim).

jenis ikan dan kerang mungkin memiliki tingkat yang sama
terhadap  dioxin dan PCB untuk ikan berminyak. Seperti ikan air tawar laut, turbot, halibut, dogfish (juga disebut batu salmon atau huss), kepiting dan ikan bass. Jadi, Anda harus membatasi berapa banyak Anda makan ikan ini untuk dua porsi seminggu.

Jangan
menghindari  makan tuna dan ikan lainnya sama sekali. Anda dapat mengkonsumsi ikan putih lainnya yang Anda suka, seperti cod, haddock, coley dan plaice. Anda dan bayi Anda akan berkembang dan  mendapatkan keuntungan dari protein, mineral, vitamin D dan asam lemak omega-3 yang ada pada ikan. Semua ini merupakan bagian penting dari diet yang sehat.

Ada juga bukti bahwa makan ikan dapat bermanfaat bagi perkembangan bayi Anda. Asam lemak omega-3 dalam ikan dianggap penting dalam membantu kecerdasan verbal, perilaku sosial, komunikasi dan keterampilan motorik halus.

Jika Anda biasanya menikmati makan banyak ikan, mencoba untuk mengimbangi jenis ikan yang Anda miliki. Menggabungkan segar tuna, sarden, pilchards dan trout, dengan ikan yang memiliki tingkat polutan, seperti haddock, ikan kakap merah, coley atau hake.

No comments:

Post a Comment